1 for ALL,,,ALL for 1

1 for ALL,,,ALL for 1

Selasa, 12 Maret 2013

Alternatif Usaha: Beternak Lele...MAU???

Uwa Tedi dengan Sang Mahaguru Profesor Lele...Letkol NASRUDIN. Tetap bersahaja dan patut dicontoh
Masih ada yang tercecer nih dari tujuan kedatangan Uwa Tedi ke Bogor.  Sebenarnya beliau ingin menimba ilmu di sekolah Lele Sangkuriang yang digawangi oleh Pak Nasrudin.  Setelah browsing dan tanya sana sini akhirnya Jumat itu kita berhasil bertemu langsung dengan sang Letkol alias Lele Kolam Nasrudin. Hiihiii...
Ngga ada yang ngga kenal beliau.  Kita yang nyasar agak jauh aja trus nanya sama tukang jual buah, dia langsung tau.  Bilang aja Abah Nasrudin, semua orang akan dengan senang hati menunjukkan jalan menuju rumahnya.
Banyak banget julukan lelaki sederhana yang omzetnya ratusan juta sebulan ini.  Mulai dari pakar Lele Sangkuriang, Letkol sampai Profesor Lele.
Dengan pendidikan formal yang SD aja ngga tamat, sekarang beliau banyak diburu orang untuk sekedar berbagai kepiawaiannya dalam mengembangkan ikan Lele.  Dirumahnya yang sejuk dan (sumpah!) menyenangkan banget  itu, tiap hari ada banyak tamu yang antri untuk menuntut ilmu dari beliau.  Bahkan mahasiswa Jurusan Perikanan berseliweran disekitar kolamnya untuk menunggu cipratan 'ilmu'nya.
Uwa Tedi termasuk salah satu tamu yang beruntung bisa diterima  belajar hari itu juga.  Karena waiting list dari berbagai daerah ternyata banyak.  Tapi Pak Nasrudin ternyata lebih mengutamakan orang-orang yang lebih membutuhkan ilmunya.  Misalnya petani biasa, korban PHK, pensiunan dan pengangguran.  Beliau punya skala prioritas sendiri.
Mampir kesini ngga boleh pulang kalo ngga nyicip Lele goreng kering yang baru diambil dari kolam, dipadu dengan sambal, sayur asem, tempe/tahu gorang dan nasi hangat. Ya Allah...nikmat luar biasa.  Dan bener, rasa Lele Sangkuriang beda dengan lele biasa lho...
Ternyata rahasianya ada pada pakannya.  Makanannya alami dan sangat terpilih, ngga boleh sembarangan.  Pak Nasrudin say NO buat bahan kimia.  Ikannya ngga ada yang disuntik dan ngebersihin kolam juga ngga ada acara pake2 formalin.  
"Lele Sangkuriang adalah ikan air tawar organik.  Gurih, nikmat dan menyehatkan , karena kaya kandungan Omega 3 yang bermanfaat untuk kecerdasan," Kata Beliau sambil terus aja nyuruh aku dan kk (yg kebetulan ikut buat jemput Uwa selesai pelatihan) nambah lagi dan lagi dan lagi.  Ngga kerasa...tau2 aku udah makan 3 ekor *rewog*
Oh iya, kalo berniat ikut pelatihan disini, silakan daftar dulu atau kalo beruntung bisa datang langsung ke Kampung Sukabirus RT 04/05, Desa Gadog, Kecamatan Megamendung, Bogor. Untuk 3 hari pelatihan biayanya 1.250.000,- itu semua termasuk materi, makan, minum, nginep dan diakhir kelas semua peserta mendapatkan oleh2 air herbal buat campuran air kolamnya.
Suatu hari kayaknya pengen juga ikutan kelas beternak, siapa tau bisa ketularan jadi Pengusaha Lele...heheee...

Makan Lele sambil duduk diteras rumah kayunya sambil memandang kolam Lele bikin nambah  teruuuus


Halaman rumahnya lebih kurang 12.000m2 dijejali kolam dan kolam

Suasananya bikin betah

Sanaz seneng banget disini....banyak ikan, ayam, embek...



Mau teh manis, kopi? Bikin sendiri...

Orangnya seneng bercanda, jadi nyenengin ngobrol dengan beliau

Tidak ada komentar:

Posting Komentar